blog

Yama No Hi atau Hari Gunung di Jepang

Sekilas Yama no Hi

Yama No Hi atau hari gunung di Jepang ini diperingati pada tanggal 11 Agustus. Hari gunung ini ditetapkan pada tanggal 1 Januari tahun 2016, oleh pemerintahan Jepang menjadi hari libur nasional.

Jepang merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi alamnya termasuk pegunungan. Bahkan Hari gunung yang diperingati tiap tahun ini adalah dalam rangka orang Jepang mencintai alamnya, termasuk pegunungan – pegunungan yang ada di Jepang.

Jepang juga sangat menghargai waktu libur masyarakatnya. tertulis pada hukum libur Jepang bahwa jika hari libur nasional di Jepang bertepatan dengan hari minggu, maka hari libur itu akan diganti atau diberi kompensasi di hari pertama pegawai masuk kerja.

Kemudian apabila hari weekday diapit oleh dua hari libur maka, hari itu akan dijadikan hari libur juga.  

Apa itu Yama No Hi atau Hari Gunung ?

Yama No Hi bila diartikan dalam Bahasa Indonesia hari gunung. Hari libur ini bentuk penghormatan masyarakat Jepang kepada alam yang ada di negaranya. Khususnya penghormatan dan bentuk cinta kepada gunung – gunung yang ada di Jepang.

Selain hal di atas hari gunung ini bertujuan menjadi hari libur nasional yang bisa membuat para pegawai dan pekerja – pekerja yang ada di negara Jepang ini, dapat menikmati wisata alam bersama teman, kerabat, dan keluarga mereka.

Bisa dilihat hampir setiap tahun warga Jepang pada tanggal 11 Agustus ini banyak yang memilih untuk mendaki gunung, bahkan ada juga yang datang untuk camping di kaki gunung.

11 Agustus ditetapkan sebagai Yama No Hi bukan tanpa sebab, bahwa huruf kanji angka 8 (八) menyerupai gunung. Dan angka 11 juga erat kaitannya dengan citra pohon yang berjejer, sehingga 11 dan 8 diterjemahkan sebagai tanggal 11 bulan 8 (Agustus).

Gunung yang Bisa Kamu Nikmati Pada Yama No Hi

Banyak cara untuk menikmati liburan yang sedang kamu jalani, sama halnya dengan memperingati Yama No Hi atau hari gunung ini, kamu bisa menikmatinya dengan cara camping di kaki gunung atau mendaki gunung.

Kami akan memberikan Anda rekomendasi yang akan membuat hari gunung yang Anda jalani di Jepang akan bermakna. Berikut beberapa gunung tersebut.

01. Gunung Mitake

Gunung Mitake ini sangat cocok sebagai salah satu pilihan Anda untuk menikmati hari libur. Terletak di daerah Taman Nasional Chichibu, Tamakai. Di sini kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang indah.

Tempat ini pun tidak terlalu jauh dari ibu kota Jepang, hanya 2 jam perjalanan dari Tokyo kamu sudah bisa merasakan udara yang segar dan asri. Buat kamu yang suka foto-foto juga banyak tempat yang bisa kamu foto dengan bagus.

Tidak hanya pepohonan yang rimbun di Gunung Mitake ini terdapat Kuil di puncak gunungnya, kemudian ada Taman batu, Air terjun Nanayo dan lain-lain.

02. Gunung Takao

Berbeda dari gunung sebelumnya di gunung Takao ini biasanya, banyak event di tempat ini saat Yama No Hi  berlangsung seperti festival pesta kembang api, bahkan event yang lumayan terkenal bernama “Takao Mountain Festival” 

Dari event – event di atas kamu juga bisa menikmati SPA gratis dan mountain tour seperti pergi ke kuil yang ada di sini dan Anda juga bisa menikmati makanan – makanan yang dihasilkan Gunung Takao ini.

03. Gunung Tanzawa

Gunung ini mempunyai tinggi 2057 Mdpl, di gunung ini sering mengadakan event tahunan seperti panjat tebing hingga talkshow tentang gunung. Di Atas Gunung terdapat toilet umum dengan tarif 100 yen dan ada juga penginapan bernama Miyamasansou dengan tarif ¥6000 per malam dengan tambahan makan ¥1500.

Dari sekian banyaknya hari libur, peringatan hari gunung ini menjadi salah satu favorit warga Jepang. Di atas Anda sudah tahu makna dari peringatan dan asal muasal hari gunung, beserta beberapa gunung – gunung yang bisa Anda nikmati saat Yama No Hi ini berlangsung.

ABOUT ME
Hanif
Kuli Bahasa, bahasa Jepang - bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan