blog

Hari Libur Negara Jepang yang Harus Anda Tahu

Sekilas Hari Libur di Jepang

Hari libur negara Jepang sekilas menjadi waktu yang pas buat Anda yang ingin berlibur ke Jepang, karena banyak sekali festival dan event yang sayang dilewatkan jika ingin berlibur ke Jepang, namun perlu diperhatikan juga pada hari libur tersebut tempat wisata juga menjadi ramai, oleh karena itu untuk Anda yang tidak terlalu suka keramaian sangat penting untuk menghindari hari libur nasional Jepang saat berwisata.

Orang Jepang memang memiliki banyak hari libur nasional dan hari yang dianggap penting. Namun ada beberapa hari penting yang memang tidak dijadikan sebagai hari libur.

Ada fakta unik seputar hari libur di Jepang yang mungkin membuat warga Indonesia iri. Bahwasanya jika hari libur bertepatan dengan hari weekend maka akan ada kompensasi di hari lain, dan jika hari biasa berdempetan dengan hari libur dan weekend maka hari tersebut akan diliburkan.

Hari libur Jepang ditetapkan oleh pemerintahan Jepang sendiri lebih tepatnya melalui undang-undang hari libur nasional. Jepang memiliki 16 hari libur nasional yang diakui secara hukum oleh negara Jepang sendiri.

Apa Saja Hari Libur Negara Jepang?

Hari libur Jepang ada 16 hari, semua itu sudah ditetapkan dan diakui oleh pemerintahan Jepang itu sendiri. Pada undang – undang tentang hari libur nasional UU No. 178 tahun 1948 seperti yang diamendemenkan.

Suatu ketentuan undang-undang tentang melindungi hak libur warganya. Menetapkan apabila libur jatuh hari minggu maka hari masuk kerja berikutnya libur, serta apabila hari kerja diapit oleh hari libur maka hari kerja itu adalah hari libur.

Kenapa demikian? karena menyesuaikan ketentuan “hari libur kompensasi atau libur pengganti di Jepang”. Berikut inilah Hari Libur Negara Jepang.

1. Hari Tahun Baru

Hari libur tahun baru (Ganjitsu) ini ditetapkan tahun 1948, diperingati pada tanggal 1 Januari sama dengan negara – negara lainya. di tanggal ini biasanya kuil-kuil dipadati pengunjung yang ingin melakukan Hatsumode sehingga antrean untuk masuk ke kuil cukup panjang. Dikenal juga istilah Sanganichi, yaitu pada tanggal 1~3 Januari banyak kantor pemerintahan dan perusahaan yang libur(tidak semua menerapkan ini).

2. Hari Kedewasaan

Hari kedewasaan (Seijin No hi) di Jepang diperingati pada Senin kedua yang ada pada bulan Januari, ditetapkan pada tahun 1948. Sebagai bentuk dukungan dan ungkapan selamat untuk rakyat yang sudah berusia 20 tahun pada tahun tersebut.

3. Hari Pembentukan Negara

Hari pembentukan negara (Kenkoku Kinen no Hi) yang di peringati pada tanggal 11 Februari dan ditetapkan pada tahun 1966, walaupun ditetapkan pada tahun itu namun mulai dilaksanakan peringatannya pada tahun 1967.

Hari Libur Negara Jepang ini diharapkan dapat memberikan rasa cinta tanah air yang semakin dalam untuk masyarakat Jepang.

4. Hari Ulang Tahun Kaisar

Hari ulang tahun Kaisar (Tenno Tanjoubi) diperingati pada tanggal 23 Februari sejak penobatan kaisar baru Naruhito, sebelumnya 23 Desember. Awal dilaksanakan perayaan ini yaitu pada tahun 1868.

5. Hari Ekuinoks Musim Semi

Hari Ekuinoks musim semi diperingati pada tanggal 20~21 Maret, hari libur ini ditetapkan pada 1948, diperingati untuk mengagumi alam dan cinta terhadap makhluk. Dan Ekuinoks sendiri itu merupakan hari di mana waktu siang dan malam sama, yang menandakan waktu pergantian musim.

6. Hari Showa

Hari libur negara Jepang bernama Showa (Showa no Hi) diperingati pada tanggal 29 April, hari libur ini ditetapkan pada tahun 2007 untuk memperingati dan mengenang peristiwa dari zaman Showa, dulunya dirayakan sebagai hari ulang tahun Kaisar Hirohito atau sering disebut Kaisar Showa.

7. Hari Peringatan Konstitusi

Hari peringatan konstitusi (Kenpo Kinenbi) diperingati pada tanggal 3 Mei, ditetapkan pada tahun 1948 untuk memperingati berlakunya konstitusi Jepang pasca perang. Pada tanggal 1~7 Mei dikenal juga sebagai pekan konstitusi (憲法週間).

8. Hari Hijau

Midori no Hi (みどりの日) adalah Hari yang ditujukan untuk mengapresiasi dan mendekatkan diri dengan alam. Diperingati setiap 4 Mei, pada hari ini akses ke taman botani, kebun raya, dan kebun binatang banyak yang digratiskan.

9. Hari Anak-Anak

Hari anak – anak (Kodomo no Hi) diperingati pada tanggal 5 Mei, ditetapkan pada tahun 1948. Untuk memperingati dan proses penghargaan kepada pribadi anak – anak dan merencanakan kebahagiaan.

10. Hari Bahari

Umi no hi (海の日) Merupakan hari yang ditujukan untuk merayakan dan bersyukur atas berkah yang didapat dari laut, serta harapan kemakmuran Jepang ke depannya sebagai negara maritim. Dirayakan pada hari Senin di minggu ke-3 Bulan Juli, selain itu bulan Juli dikenal juga sebagai bulan Bahari.

11. Hari Gunung

Hari gunung (Yama no Hi) diperingati pada tanggal 11 Agustus ditetapkan pada tahun 2014, dan hari gunung ini pertama kali dirayakan pada tahun 2016) Hari libur gunung ini didedikasikan oleh masyarakat Jepang terhadap pegunungan Jepang.

12. Hari Penghormatan ke Orang Lanjut Usia

Keiro no hi(敬老の日) adalah yang ditujukan untuk menghormati lansia, berterima kasih atas kontribusinya di masyarakat dan mendoakan panjang umur untuk orang lanjut usia di Jepang. Dirayakan setiap tahun pada hari Senin di minggu ke-3 bulan September.

13. Hari Ekuinoks Musim Gugur

Biasanya dirayakan pada tanggal 22 atau 23 September, sebagai penanda masuknya musim gugur, pada tanggal ini banyak dimanfaatkan masyarakat Jepang untuk berziarah dan mendoakan leluhur.

14. Hari Olahraga

Biasanya dirayakan pada hari Senin di minggu ke-2 bulan Oktober, bertujuan agar masyarakat dapat menumbuhkan rasa menghargai antar sesama melalui olahraga, serta terwujudnya masyarakat yang aktif dan sehat.

15. Hari Kebudayaan

Bunka no Hi (文化の日) dirayakan setiap tanggal 3 November. Ditetapkan sebagai hari libur nasional pada 1987, dengan tujuan mencintai kebebasan serta menjaga perdamaian melalui budaya.

16. Hari Pekerja

Kinro kansha no hi 勤労感謝の日 dirayakan setiap 23 November, yang bertujuan untuk menghormati dan berterima kasih ke para pekerja, bersyukur atas hasil kerja dan menumbuhkan rasa menghormati antar masyarakat.

Itulah beberapa penjelasan hari libur nasional Jepang yang bisa Anda catat, orang Jepang sangat menghargai hak liburnya, dan orang Jepang juga menunjukkan kecintaan-kecintaannya kepada sesama makhluk, bahkan alam dengan hari libur negara Jepang.

ABOUT ME
Hanif
Kuli Bahasa, bahasa Jepang - bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan