Bunga Peony (Botan)


Mirip bunga mawar ya? tapi ini adalah bukan Mawar lho..

Ah iya sebagai tambahan bentuk bunga ini sering dijadikan model bunga tiruan plastik atau bunga dari flanel, jadi mungkin anda-anda tidak sadar sudah pernah berjumpa dengan bunga ini.

Tidak aneh kalau banyak orang yang tidak mengenal bunga Peony ini, namaya saja masih pakai y. . tanaman ini bukan berasal dari Indonesia dan belum banyak didomestikasi di Indonesia.

Tanaman Peony adalah tanaman yang berasal dari Eropa selatan, Amerika Utara dan Tiongkok. Bunga nan indah ini dikenal sebagai tanaman hias yang dapat tumbuh hingga 2-3 meter. Memiliki berbagai warna seperti merah, kuning, pink, ungu, atau putih.

 

Di Indonesia tanaman ini juga bisa tumbuh, hanya saja jarang, bisa dibilang termasuk tanaman hias langka juga mahal. Kebanyakan tumbuh di daerah sub tropis pada musim gugur. Dalam permainan Kartu Hanafuda sendiri digambarakan pada Kartu bercorak Peony, bahasa Jepangnya ‘Botan’ merupakan kartu diurutan bulan ke-6, penggambaran ini mungkin karena pada bulan 6 banyak bunga Peony bermekaran. Tapi Bukan hanya pada bulan Juni saja, musim mekar bunga ini di Jepang adalah bulan April~Juni dan bulan Oktober~Januari

Botan牡丹に蝶
Kartu Hanafuda: Botan ni Chou  牡丹に蝶

Sejak dahulu, gambar bunga Peony banyak ditemukan di berbagai macam kerajinan keramik dan lukisan di Tiongkok. Sampai di Jepang dulunya sering disebut “Ebisugusuri夷薬” yang berati obat dari negeri asing lalu namanya menjadi ‘Shakuyaku’ dan ‘Botan’, kedunya merupakan jenis Peony yang berbeda. Karya terkenal ‘Botan ni Chou'(Peony dan Kupu-kupu), lukisan terkenal Katsushika Hokusai ini, saya pikir hal yang menginspirasi gambar pada kartu Hanafuda buatan Nintendo kemudian.

Dalam bahasa bunga atau Hana Kotoba, Peony berarti Kepribadian, Agung(memiliki drajat yang tinggi), Kesejahteraan, Rasa malu, Pemalu. Oleh karenanya bunga ini juga sering dipakai sebagai upaya pernyataan cinta orang-orang yang malu mengungkapkan perasaannya langsung kepada calon pasangannya.

Selain sebagai tanaman hias, bunga Peony terkenal sebagai obat utuk mengatasi stress, fobia dengan memanfaatkanya aromanya. Ekstrak bunganya juga dipercaya baik untuk perawatan kulit sebagai antioksidan,dan akarnya digunakan untuk pengobatan tradisional Tiongkok sebagai pencegah infeksi, penghilang rasa sakit dan penurun demam.

Berikut foto free lisensi yang saya ambil dari Pexels sebagai gambaran bentuk bunga Peony

 

sumber
https://www.pursuingmydreams.com/pengalaman-sukses-menanam-peoni-dari-bijinya/
https://lovegreen.net/languageofflower/p25202/
http://rennai-meigen.com/botanhanakotoba/

Iklan

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s