Membuat Manisan Carica Rumahan


Manisan Carica atau Karika yang dikenal berasal dari daerah daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo hampir sudah dikenal banyak orang, karena manisan ini mudah ditemui di Swalayan dan super market dalam bentuk kemasan siap konsumsi. Manisan Carica ini sendiri berasal dari buah jennis pepaya gunung, Carica(Carica pubescens). Sejatinya berasal dari daerah Amerika Selatan yang merupakan peninggalan dari kolonial belanda yang mendatangkan ke Indonesia sekitar tahun 1890. Selain Dieng, Ranupane, Lumajang  juga merupakan tempat penggembangan Carica.

Beli Carica yang sudah siap konsumsi memang tidak repot, tapi tahukan anda kalau kita juga bisa membuat manisan Carica bisa dibuat sendiri di rumah. Apalagi yang tinggal disekitar Kota Wonosobo. Carica mentah mudah dapat didapatkan di pasar dengan harga terjangkau. Perlu diperhatikan juga Carika mentah tidak bisa dikonsumsi langsung karena rasanya pahit dan parahnya lagi lidah akan merasa gatal. Oleh karenanya salah satu alternatif mengkonsumsi Carica dengan dijadikan manisan.

Manisa Carica dapat dibuat dengan sederhana dengan bahan Buah Carica yang sudah matang, gula pasir, garam, dan Air. Kebetulan saat pulang ke Wonosobo kemarin, pas banget waktu Ibuk baru beli Carica mentah jadi tahu proses membuat manisan Carica.

Langkah Satu
Buah Carica yang cukup matang (buah matang yang warnanya sudah  cukup menguning) dikupas. Saat mengupas Carica, getah dari buah carika dapat menimbulkan reaksi gatal di kulit untuk sebagian orang, sebaiknya menggunakan sarung tangan atau tidak juga tidak apa-apa, mungkin nanti akan terbiasa.

Langkah Dua
Buah yang sudah dikuliti atau dikupas kulit luarnya di cuci dengan air lalu belah menjadi menjadi Dua Bagian, kemudian pisahkan semua bijuu-bijuu eh salah biji-biji yang ada di dalam, bijinya jangan dibuang karena masih akan digunakan.

Langkah Tiga
Buah yang sudah bersih dari biji-bijian dipotong variasi sesuai selera.

Langkah Empat
Biji Buah Carica tadi yang sudah dipisahkan direbus hingga muncul aroma harum, lalu diamkan sampai dingin.

Langkah Lima
Setelah Air rebusan biji Carica sudah dingin, biji Buah sudah tidak kita perlukan lagi, pastikan yang tersisa adalah Sari rebusannya saja.

Langkah Enam
Sari Buah Carica dimasak kembali dengan ditambahkan gula sampai mendidih, sampai disini potongan buah Carica dimasukan dan dimasak hingga cukup matang.

Carica hangat siap dikonsumsi tergantung selera sih, tapi akan lebih enak lagi kalau dingin karena terasa segar brrrr.   . ..

Selain Enak dikonsumi, menurut penelitian Indonesia Biological Society, Carica memiliki kandungan gizi vitamin C yang tinggi. Soal rasa Carica memiliki rasa khasnya sendiri, hampir mirip rasa nanas dan mangga. Bagi yang maen ke Wonosobo bisa coba beli Carica mentah dan membuat manisa Carica sendiri.

Iklan

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s