lavender es krim

Sambutan Keramahan Alam Hokkaido


Map of Japan with highlight on 01 Hokkaido prefectureHokkaido 北海道, pulau terbesar nomor dua setelah Honshuu di Jepang ini terletak di bagian utara Jepang dikelilingi Laut Jepang, Laut Okhotsk, dan Samudra Ocean tidak kalah dengan Indonesia, keindahan alam Hokkaido itu duhh sudah banget untuk ditolak, terkenal dengan komoditas alam, produk lautnya yang berkualitas dan perkebunan bunga. Dari Ibukota Jepang, Tokyo. Ditempuh menggunakan Pesawat terbang memakan waktu kurang lebih satu setengah jam

Doraemon Waku Waku Skypark

Nah kalo berkunjung ke Hokkaido kebetulan via Pesawat maka akan ketika sampai di Hokkaido bandara Shin Chitose(New Chitose) atau datang lebih cepat dari jadwal nunggu pesawat, bisa main dulu ke Doraemon Waku Waku Sky Park dulu yang merupakan fasilitas dari bandara sendiri. Letaknya sendiri berada di domestic terminal bulding tepatnya di lantai 3F, dengan konsep mini park tapi Doraemon Sky Park ini terbagi atas 7 bagian lho, diantaranya Park Zone, Work shop, Library/Amusement Zone, Cafe, Shop, dan Kids Zone. Di bagian Shop kita bisa mencari pernak-pernik barang kolaborasi orisinil dari Doraemon, Nobita dan lainnya. Tidak ketinggalan salah satu boneka kucing biru terbesar juga terdapat disini, di waktu tertentu juga ada berbagai atraksi yang akan memanjakan pengemar anak-anak dan dewasa.

6029484134_b7e5b603dd_o
ドラえもんわくわくスカイパーク: Antre yang tertib ya agan-agan. photo by Tzusun Hsu used under Creative Commons 4.0

Untuk urusan perut di Cafe Zone terdapat Doraemon Official Cafe, jelas yang dijual disini adalah menu kesukaan kucing eh… Doraemon yaitu Dorayaki! menu lainya juga ada pizza, latte, paket buat anak-anak, Taiyaki, dan banyak lainnya tentunya. Buat pencinta Doraemon walahh taman kecil ini bisa memuaskan hasrat kalian para pecinta kucing biru ini. Fasilitas rahasia di bandara Shin Chitose ini membawa konsep “Experience, Fine, Understand, and Play” Waku Waku park ini buka dari Pukul 10 Pagi sampai Pukul 06 Sore, tiket masuknya lumayan … (isi sendiri) untuk dewasa dikenakan tarif masuk 600円 sedangkan untuk anak-anak 300円 sampai 400円, pengunjung bisa menikmati dunia Doraemon sepuasnya, sampai waktu taman tutup.

Tomita Farm

Menggunakan bus sekitaran setengah jam kita bisa sampai di Tomita farm di Nakafurano, Hokkaido. tempat ini paling cuocok dikunjungu pas musim panas, karena apa? karena bunganya cantik-cantik. Ada Lavender, Poppies, Mawar, dan Mawar Jepang, terutama Lavender yang sudah setengah abad lebih terkenal dibudidayan di Hokkaido. Hamparan warna warni bunga memberikan sensasi bagi pengunjung yang datang apalagi yang kepanasan bisa mencoba es krim Lavender yang diproduksi di sini, bukan cuma es krim ada castel puding dan sus cream rasa bunga juga. Ketika beda musim maka jenis bunganya pun berganti, jadi bukanya hanya bisa dikunjungi waktu musim panas saja ya. Tomita farm ini sebenarnya tidak terlalu terkenal seperti sekarang, sampai pada suatu saat ada alayers yang self…. eh maksudnya ada fotografer terkenal yang mengambil foto di Tomita farm ini sampai foto tersebut masuk Japan Railway magazine, jadilah salah satu taman bunga terkenal di Jepang dan dikunjungi banyak orang.

lavender es krim
ファーム富田のアイスクリム:Es krim rasa Ungu-Ungu. photo by Kevin Jaako used under Creative Commons 4.0

Shikisai No Oka

Selanjutnya hampir sama dengan Tomita Park kita bisa melihat hamparan bunga Panoramic Flower Gardens yang sangat luas di Shikisai No Oka 四季彩の丘 alias bukit dengan warna 4 musim di Biei, Hokkaido. Daerah Biei sendiri memang terdiri dari banyak perbukitan dan daerah ladang yang luas. Hampir sama dengan Tomita Farm mata kita dimanjakan dengan pemandangan bunga warna-warni tapi ada yang beda lho. Selain flora ada fauna juga, lengkap dah Shikisai No Oka ini. salah satu faunanya namanya Alpaca mirip domba dan onta tapi bukan domba, hewan ini habitat aslinya di gunung Andes, Peru biasanya bulunya dijakan komoditi seperti syal dan sarung tangan. Alpaca ini sekarang bisa hidup di Jepang.

shikisai no oka
四季彩の丘は、北海道上川郡美瑛町にある観光名所。正式名称は「展望花畑 四季彩の丘」: Bunganya benar-benar rapi kaya lagi antre sembako. photo by Golden Kuo used under Creative Commons 4.0

Siap bilang di taman bunga cuma bisa nonton bunga aja, di Shikisai no Oka kita bisa memacu adrenalin dengan menaiki motor ATV yang di sediakan oleh pengelola untuk melewati lintasan yang disediakan untuk ATV. Untuk mengelilingi Shikisai No Oka bisa berjalan kaki atau kalo gak mau capek bisa naik mini car. Masalah oleh-oleh juga ga usah khawatir, karena disini mulai dari hasil perkebunan sampai souvenir khas ada! Ongkos masuk ke Shikisai No Oka ini sebenarnya gratis cuma pihak pengelola meminta keikhlasan pengunjungnya untuk menyumbangkan 200円per orang untuk biaya perawatan taman, kotak donasi bisa ditemukan di pintu masuk taman. Satu lagi, jam bukanya tiap musim berbeda, April sampai Mei/Oktober 09.00~17.00, Juni sampai September 08.30~18.00, November 09.00~16.30, Desember sampai Februari 09.00~16.00, dan khusus bulan Maret 09.00~16.30 tidak ketinggalan fasilitas parkir luas juga ada.

Otaru Aquaruim

Ditempuh sekitar 25 menit dari stasiun JR Otaru, ini adalah wahana untuk menjelajahi dunia bawah laut, namanya Otaru Aquarium. Terletak di 3-303 Shukutsu, Otaru市 Hokkaido. Adalah aquarium terbesar yang ada di Hokkaido, di aquarum raksasa ini kita bisa melihat lebih dari 5000-an ikan dengan 250 jenis kehidupan laut yang berbeda, pertunjukan dari artis terkenal aquarium yaitu Penguin, Anjing laut, Singa laut, dan Lumba-lumba juga ikut mewarnai Otaru Aquarium. Selain bangunan utama yang isinya Aquarium gede, ada Stadium Lumba-lumba, Taman laut dan toko oleh-oleh, restoran, dan taman hiburan. Untuk yang membawa balita dan anak kecil, disediakan 2 ruangan privat untuk merawat balita. Khusus taman laut dan taman hiburan, tutup saat musim dingin.

ini anjing laut atau singa laut?
でかい!Odobenus rosmarus/Walrus and Fearless girl 🙂 . photo by Miki Yoshihito used under Creative Commons 4.0

Di salah satu bagian Otaru Aquarium ini ada E-Zone Touching Area, disini kita bukan cuma bisa melihat, tapi bisa juga sekalian menyentuh langsung hewan-hewan laut. “Boleh di sentuh tapi gak boleh dikeluarkan dari air” ini harus di ingat baik-baik. Saat pertunjukan Walrus, kalau beruntung kita bisa menjadi salah satu yang beruntung menerima kecupan penuh cintah ❤ dari Walrus. Pada bulan Maret sampai Oktober buka dari 09.00-17.00, lalu pada bulan Oktober sampai November buka pukul 09.00~16.00, dan khusus musim dingin bulan Desember sampai Februari 10.00~16.00, ingat ya pengunjung hanya dibolehkan masuk sampai 1 jam sebelum Aquarium tutup. Biaya masuk untuk dewasa 1200円, anak-anak siswa SD atau SMP 530円, lansia 210円, berbeda lagi pas musim dingin dewasa dikenakan biaya 1000円, siswa SD-SMP 400円 dan lansia dikenakan biaya 200円.

Kebun Binatang Asahiyama

Wuk Wuk uk uk auoo.. Masuk kebun binatang Asahiyama, Asahikawa, Hokkaido. Siap-siap dapat sambutan meriah dari sodara kita….eh, hewan-hewan penghuni kebun binatang. Asahiyama Zoo ini di buka bula Juli tahun 1967 dari awalnya hanya 75 spesies, nah sekarang lebih maju dibuat sedemikian rupa agar acara jalan-jalan tambah menyenangkan dengan penambahan hingga sekarang jadi 150 spesies dengan populasi binatang sekitar 800 ekor. Asahiyama Zoo ini adalah kebun binatang yang letaknya di paling utara di Jepang dan Jadi salah satu kebun binatang yang paling banyak dikunjungi. Salah satu hewan yang menjadi primadona di sini adalah Penguin,  bayangkan saja bentuknya eenndyut terus jalanya itu geyalgeyol kanan kiri gemes banget, banyak yang jatuh hati lah(・∀・). Kebun binatang ini punya sesuatu yang beda lagi dari kebun binatang lainnya, jadi seminggu dalam setahun Asahiyama Zoo ini buka malam hari, ini sepertinya sangat cocok sekali buat kita-kita yang ingin mencari sensasi baru mengunjungi Kebun binatang.

asahiyama zoo
旭山動物園: berenang bebas tanpa beban. photo by MIKI Yoshihito used under Creative Commons 4.0

Cuma butuh beberapa menit dari Asahiyama Zoo, kita bisa mampir ke Clark Horse Garden, Asahikawa, Hokkaido, disini kita bisa merasakan kehidupan Koboi ala Jepang, meskipun Koboi asalnya bukan dari Jepang siiih. Tempat ini sangat cocok buat anda-anda yang suka dengan petualangan baru, bisa naik kuda sambil keliling peternakan kuda ini, sembari menikmati suasana sejuk ditemani pohon-pohon jadi tidak sendirian, sendirian, sendir… nah kalau masih ada waktu setelah dari Clark Horse Garden bisa mampir ke Heiwadoori Shopping Street, Asahikawa. Namanya juga Shopping Street jadi jalanan ini depenuhi dengan komplek pertokoan dengan konsep pedestrian shopping mall, yang dibangun pada 1972 silam. Terus kalau jalan-jalan disini itu aman dan asik, kenapa? Asiknya karena pedestrian sepanjang 15 blok ini bebas dari kendaraaan. Jadi saran ya buat yang hobi belanja nih, kalau disini gak kuat iman bisa kalap dah.

 

欅 Heiwa doori
平和通 Heiwa doori: tempat beli oleh-oleh di Asahikawa, Hokkaido. photo by , used under [GFDL or CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons

Nah dari Hokkaido ada makanan seperti tadi es krim lavender, tapi ada makanann khasnya yang lebih terkenal diantaranya adalah Seafood. Sebagai salah satu daerah yang terkenal  sebagai penghasil makanan produk laut yang berkualitas, jadi sudah tidak mengherankan kalau kuliner bertemakan sefood sangat populer disini. Salmon Chan Chan Yaki, salmon yang dimasak menggunakan uap air. Bahannya terdiri di bahan-bahan sayuran dan salmon yang dicampur dengan kuah miso. Makanan olahan lainnya yaitu Ishikari Nabe ini juga menggunak irisan daging salmon tapi dengan kuah Miso, dari dulu terkenal sebagai makanan tradisional para nelayan. Ditinjau dari segi historis makanan seafood tersebut sebenarnya merupakan makanan adat suku Ainu yang dipercaya sebagai leluhur asli orang Hokkaido

ishikawa nabe
石狩鍋: bahan-bahan ishikari nabe potongan salmon, tahu, kubis, bawang, kentang, wortel, jamur, dan beberapa sayuran lainnya. photo by Naotake Murayama used under Creative Commons 4.0

Nah tempat diatas yang saya sebutkan ini dapat menjadi referensi tujuan yang menarik ketika berkunjung ke Hokkaido, lalu apabila perlu bantuan jasa perjalan ke Jepang nanti ada H.I.S. penyedia layanan individual tour maupun grup tour dengan tujuan jalan-jalan domestik ataupun internasional serta berbagai layanan pendukung guna memudahkan wisata kita di Jepang nanti.

Ditambah lagi ada HAnavi yang merupakan kolaborasi kecee antara H.I.S. dan ANA (All Nippon Airways yang memang dirancang khusus untuk wisatawan yang ingin berwisata ke Jepang. Di HAnavi tersedia paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang pas di kantong alias MURAH MERIAH tapi layanan BERKUALITAS di Jepang nanti berangkat bisa dari Tokyo atau dari Osaka. Untuk informasi lebih detail bisa juga kunjungi FansPage FB.

http://otaru-aq.jp

 

Iklan

8 pemikiran pada “Sambutan Keramahan Alam Hokkaido

Bagaimana menurut Anda? What do you think?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s